Pengertian dan Bentuk Jurnal

 

                                                                            Gambar Jurnal

Jurnal atau buku harian adalah formulir khusus yang digunakan untuk mencatat setiap bukti transaksi secara kronologis menurut nama akun. Jurnal juga dapat diartikan sebagai sarana untuk memasukkan rincian suatu transaksi ke dalam suatu sistem akuntansi. Setiap menjurnal suatu transaksi paling sedikit ada dua akun yang terpengaruh dengan jumlah sisi debit dan kredit harus sama. 

Jurnal memiliki beberepa fungsi, yaitu fungsi historis, fungsi pencatatan, fungsi analisis, fungsi instruktif,dan fungsi informasi. Fungsi analisis artinya pencatatan dalam jurnal merupakan hasil analisis yang dilakukan sebelumnya. Fungsi intruksi artinya pencatatan dalam jurnal harus dinyatakan dalam ketentuan debit dan kredit, sedangkan fungsi informatif artinya ada catatan dalam jurnal yang menjelaskan transaksi yang terjadi.

Bentuk jurnal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Oleh karena di perusahaan jasa tidak ada transaksi khusus yang membutuhkan pencatatan khusus, maka biasanya hanya dipakai jurnal umum. Bentuk jurnal umum dapat dilihat sebagai berikut.

                                                             

                                                                        

Keterangan:

Nomor 1: Tempat untuk menuliskan judul, yaitu nama perusahaan, jurnal umum, dan periode pencatatan.

Nomor 2: Tempat ini untuk menuliskan nomor halaman jurnal umum

Nomor 3 Kolom ini untuk mencatat tanggal, bulan dan tahun terjadinya transaksi yang ditulis secara

kronologis.

 Nomor 4: Kolom ini untuk mencatat nama akun Akun yang didebit tulis lebih dahulu dan kemudian di bawahnya tulis nama akun yang dikredit agak menjorok secukupnya. Akun yang didebit dan dikredit tersebut adalah hasil analisis transaksi

Kolom 5: Kolom ini untuk mencatat nomor kode akun yang digunakan pada saat posting.

 Kolom 6: Kolom ini untuk mencatat jumlah rupiah yang didebit sesuai dengan nama akan pada kolom 4.

Kolom 7: Kolom ini untuk mencatat jumlah rupiah yang dikredit sesuai dengan nama akun pada kolom 4.

Catatan: Apabila halaman pertama sudah penuh kemudian kolom debit dan kredit jumlahkan. Catat pada kolom4 jumlah dipindahkan. Baris awal halaman kedua dahulukan mencatat jumlah pindahan, yaitu sebesar jumlah kolom debit dan kredit yang dipindahkan dari halaman sebelumnya.

LihatTutupKomentar